Idul Adha: Daerah Ini Tidak Ada Yang Kurban-kan Sapi, Kenapa? Berikut Ulasannya!

Kudus

Kenapa tidak ada satupun sapi yang dikurbankan? Kenapa hanya ratusan kerbau? Apakah foto ini di India? Bukan, ini bukan di India atau Bali, tapi di Kudus, Jawa Tengah. Sampai sekarang umat Muslim di Kudus selalu menggunakan daging kerbau dan berusaha menghindari penggunaan daging sapi. Bukan karena daging sapi haram bagi umat Muslim di Kudus tapi untuk menghormati Sunan Kudus.

Ketika Sunan Kudus syiar agama Islam di kota Kudus, disana sudah hidup masyarakat Kudus yang beragama Hindu. Demi menghormati dan tidak melukai perasaan warga Kudus yg beragama Hindu saat itu, Sunan Kudus tidak menyembelih sapi untuk berbagai acara termasuk Idul Adha. Sebagai gantinya, Sunan Kudus menggunakan daging kerbau.

Cerita lainnya, masih soal kerbau dan sapi. Ada cerita rakyat yang mengutip masyarakat Kudus tidak menyembelih sapi karena Sunan Kudus pernah diberi susu sapi oleh pendeta Hindu. Sebagai wujud terima kasih, warga setempat tidak mau menyembelih sapi

Kebiasaan ini sampai sekarang masih diikuti oleh sebagian besar masyarakat muslim Kudus, jadi tidak heran sampai sekarang masih ada peternakan kerbau di desa-desa. Dan berbagai olahan makanan daging kemudian menggunakan daging kerbau. Kalau mereka ingin makan daging sapi hiasanya belanja ke kota kota sekitar Kudus seperti Pati, Jepara atau Semarang.

15 tahun lalu, karena urusan pekerjaan saya setiap bulan harus ke Kudus, menginap 2-3 hari. Awalnya saya tidak sadar kalau tidak ada olahan daging sapi disana. Tidak ada sate sapi, pindang sapi atau soto sapi. Akhirnya setelah beberapa hari baru sadar hanya olahan ayam dan kerbau yang mendominasi di Kudus. Setelah tanya sana sini akhirnya tahu sejarahnya.

Oleh: [Ditya Danes]

Comments

Popular posts from this blog

Ahok Itu "Bodoh" , Salah Strategi!

POLITIK DINASTI JOKOWI